Kontak

Optimasi Blog Melalui Sosial Media

Dalam meng optimasikan blog kita melalui sosial media bukanlah konsep baru dalam teknik optimasi blog maupun situs kita, karena sistem optimasi Ini telah digunakan selama bertahun-tahun oleh webmaster dan telah menjadi suatu alat promosi yang efektif dan efisien. Sosial media telah menjadi bagian sangat penting dalam SEO atau sistem optimasi dalam blog kita, namun Sosial media juga tidak dapat berdiri sendiri tanpa SEO. Media sosial sudah menjadi bagian dari alat optimasi untuk memperluas promosi dengan membangun sebuah link, sedangkan SEO adalah suatu tindakan optimasi blog maupun situs kita agar maksimal di hasil pencarian search engine baik google, yahoo, bing dan lain-lain,sehingga kedua teknik optimasi diatas sangat berkaitan erat dan saling mendukung satu sama lain.

Dengan memanfaatkan popularitas sosial media seperti Twitter, Facebook, Tecnoraty, Digg dan sejenisnya sangat penting karena sosial media telah menjadi jalur pemasaran yang sangat efektif dan murah sekali untuk pemilik blog maupun situs dalam memperkuat teknik optimasi mereka.

Berikut keuntungan yang kita dapat dari teknik social media optimasi :

1. Menetapkan etos kerja yang membuat setiap webmaster, blogger maupun marketer online
menyadari bahwa media sosial adalah ruang publik yang juga merupakan faktor kunci awal dalam kebangkitan reputasi bisnis online yang mereka kembangkan.

2. Sosial media bisa menjadi alternatif ke 2 dari optimasi situs setelah optimasi search engine, Ini merupakan menjadi standar khusus dalam teknik optimasi dimana sesama webmaster maupun blogger akan bersaing berlomba-lomba menarik trafik dan pengunjung sebanyak mungkin dari komunitas sosial media,sehingga menyebabkan terjadinya transformasi jaringan dan ledakan trafik pada situs yang mereka optimasi.

3. Sosial media juga berguna untuk strategi link building, karena mempunyai tingkat kepopuleran link dari situs sosial media sangat tinggi sehingga kita bisa mendapat backlink berkualitas dan relevan yang mengarah kesitus kita.

4. Banyak sekali situs sosial media menawarkan akun gratis buat kita sehingga sangat efisien buat optimasi blog maupun situs kita tanpa mengeluarkan dana sedikitpun buat sarana promosi produk yang akan kita jual melalui situs kita.

Banyak manfaat yang kita dapat dari penggunaan sosial media sebagai sarana optimasi blog kita karena kita bisa membangun link di situs sosial media tersebut sehingga kita mendapat backlink secara gratis,namun disisi kualitas dan relevansi dari situs sosial media tersebut harus kita perhatikan agar kualitas link yang mengarah kesitus kita dapat memberi dampak signifikan baik dari segi seo maupun peringkat.

Optimasi blog kita yang kita terapkan melalui Sosial media bukanlah masa depan dari SEO sendiri, melainkan sebagai sarana pendukung alat optimasi seo blog kita karena tidak adanya sosial media pasti akan
mempengaruhi SEO pada blog kita sendiri karena tidak ada proses optimasi dengan teknik link building sebagai bahan backlink yang berkualitas buat situs maupun blog kita.
Kedua konsep ini membentuk sebuah teknik yang saling mendukung satu sama lain dari search engine optimization hingga sosial media optimization sebagai media optimasi blog agar mendapat peringkat terbaik di berbagai search engine

 Media sosial mempunyai peranan penting dalam meningkatkan trafik website kita. Pengunjung yang datang dari media sosial atau bisa disebut sebagai trafik social sangat mempengaruhi page rank kita pada search engine, seberapa besarnya kita mengelola SEO melalui media social. Backlink yang dibuat pada media sosial merupakan backlink yang berkualitas karena kebanyakan mendatangkan pengunjung yang benar-benar target dari sebuah website.

Berikut 5 media sosial yang dapat meningkatkan trafik website :

Social Bookmarking
situs social bookmark sangat perlu dan penting di dalam Meningkatkan Trafik website, karna dari itulah  jika anda yang  ingin mengoptimasi sebuah halaman web posting anda social bookmark adalah solusi terbaik agar webpage kita bisa cepat di indeks dan nongol di halaman mensin pencari dan mendapat peringkat posisi terbaik di halaman  google . Situ ini tidak hanya memungkinkan penguna menyimpan halaman bookmark mereka, tetapi bookmark dari artikel kita bisa melakukan tag untuk membantu dalam optimasi SEO. Ada beberapa situs bppkmark yang sering digunakan antara lain adalah Delicious, StumbleUpon, Diigo (sebelumnya Furl) dan Pinterest sedangkan situs bookmark dalam negeri diantaranya infogue.com, lintas.me, bagikan.com, indofeed.com, beritague.com dll.
Sosial News
Mirip dengan situs bookmark sosial, situs social news lebih berfokus pada promosi artikel. Digg, dan Reddit Newsvine adalah beberapa contoh situs berita sosial di luar sana. Pengguna dapat berbagi link ke artikel menarik dan mempromosikan mereka melalui sistem pemungutan suara, yang pada saat yang sama, juga dapat meningkatkan artikel yang tidak populer sehingga bisa meningkatkan trafik. Situs serupa seperti Technorati, Squidoo dan Buzzfeed memungkinkan pengguna untuk membuat hak konten mereka sendiri di website mereka.
Social Networking
Kita telah melihat peranan serta keunggulan dari social networking. Bukan lagi permainan popularitas, di mana Anda ingin memiliki teman sebanyak bintang film. Social networking sekarang berfungsi sebagai tempat nyata bagi orang untuk bersosialisasi. Facebook, khususnya, telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kebanyakan orang.
Sangat mudah untuk berbagi informasi melalui jaringan sosial, sehingga promosi website kurang membosankan. Contoh dari ini adalah tombol “LIKE” pada FB atau Google “+1″. Ketika pengguna mengklik tombol, semua anggota di dalamnya mendapatkan pemberitahuan dan mendapatkan akses ke informasi baru. Tombol-tombol ini dapat pasang pada setiap halaman web, sehingga pengguna pada dasarnya melakukan promosi. Selain itu, di FB, Anda dapat membuat halaman Fan Page untuk situs Anda yang dapat dihubungkan ke website utama Anda.
Microblogging
Di dunia internet ada banyak situs penyedia layanan microblogging, namun hanya sedikit yang populer seperti Twitter dan Plurk, bahkan beberapa diantaranya sudah ditutup oleh si pembuat seperti Pownce dan Emotionnr. Nah di Indonesia sendiri ada 3 situs microblogging yang paling banyak digunakan, termasuk didalamnya microblogging Indonesia yaitu Kronologger. Dengan microblogging ini kita bisa melakukan posting yang akan mengarahkan link pada website kita dengan mengupdate status.
YouTube
YouTube adalah tempat mengupload dan melihat video. Ribuan tutorial, video lucu, music, dll di-upload ke website ini. Ini bukan search engine, namun pengguna YouTube sering untuk pencarian konten. Ada beberapa cara untuk meningkatkan traffic dari YouTube ke website Anda. Pertama adalah dengan menciptakan video yang sangat membantu bagi pengguna dan mensharenya. Kedua adalah dengan membuat video lucu dan menampilkannya pada website Anda dengan mengunakan link share yang ada pada youtube.
Media sosial dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan trafik website anda jika dilakukan dengan optimal. www.patriaku.blogspot.com
Jadilah orang pertama di antara teman-teman yang menyukai artikel ini.

Artikel Terkait :

 mmm global